logo

S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

Tentang Program Studi

Yuk, cari tahu tentang S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) adalah Prodi Pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia profesi di bidang pendidikan dasar, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI) maupun Sekolah Dasar (SD).

Program Studi PGMI Suryalaya berdiri sejak tanggal 10 Juli 2007 dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam nomor Dj.I/257/2007 tertanggal 10 Juli 2007.  Pada tahun 2010 PGMI terkreditasi “C” dengan SK BAN PT Nomor : 15/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2010 tertanggal 27 Agustus 2010, Tahun 2014 terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN PT Nomor : 483/SK/BAN-PT/Akred/S1/XII/2014 dan tahun 2020 terakreditasi “B” berdasarkan SK BAN PT Nomor : 2171/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

Pimpinan Program PGMI Suryalaya Masa Khidmat 2021 -2025

Ketua Prodi                      : Nana Suryana, S.Ag. M.Pd.

Sekretaris Prodi                : Jonari Hanafi, M.Pd.

Ketua Lab. Microteaching            : Nita Anjung Munggaran, M.Pd.

Staf Administrasi              : Solihah Rohayani                                           :

Alamat                              : Kampus IAILM Suryalaya

Tasikmalaya Kode  Pos 46158 Telepon 0265 455808.

www.iailm.ac.id. http//pgmi.iailm.ac.id.

email: pgmisuryalaya@gmail.com 

Fb. PGMI  Suryalaya.IG : pgmiiailmsuryalaya_official

Visi:

Menjadi Program Studi Unggul dalam Menghasilkan Guru MI/SD Profesional  Berkarakter Sufistik pada tahun 2030 Tingkat Nasional.

Penjelasan Visi :

  1. Unggul : Lulusan Program Studi PGMI mampu bersaing dengan lulusan Prodi PGMI di luar IAILM dalam hal serapan dunia kerja.

  2. Berkarakter sufistik adalah sarjana pendidikan yang memiliki jiwa Spiritual, Utilitas, Futuristik, Integritas, Salik, Tawasut, dan Khidmat.

  3. Tahun 2030 adalah tahun target pencapaian visi dan misi.

  4. Tingkat Nasional : Wilayah pencapaian

 

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang mampu menghasilkan guru madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar (MI/SD) yang profesional berkarakter sufistik.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan teori dan praktik pendidikan yang inovatif dan akomodatif khususnya pada bidang pendidikan dasar (MI/SD) berkarakter sufistik.
  3. Menyebarluaskan gagasan, pengalaman, serta temuan-temuan inovatif, akomodatif, dan disiplin ilmu pendidikan dasar untuk kemajuan masyarakat, terutama dunia pendidikan.
  4. Membangun kemitraan dan kerja sama di tingkat lokal, regional, dan nasional, yang relevan dengan peningkatan mutu pendidikan guru MI/SD.

Kompetensi:

  1. Pendidik/Praktisi Pendidikan (Guru SD/MI).
  2. Assisten Peneliti.
  3. Pengembang Bahan Ajar.

Capaian Pembelajaran:

Guru SD/MI Profesional, Penulis Bahan Ajar SD/MI, Asisten Peneliti Pendidikan Dasar

Rekomendasi Jurusan

Rekomendasi jurusan yang mungkin kamu minati

major
Ilmu Pendidikan dan Agama
Pendidikan Sejarah
Jurusan Pendidikan Sejarah adalah program studi yang menawarkan pemahaman mendalam tentang berbagai peristiwa, tokoh, dan budaya yang membentuk perjalanan waktu manusia. Kamu tidak hanya belajar fakta-fakta historis, tetapi juga mengembangkan keterampilan analisis, penelitian, dan penyampaian informasi sejarah secara sistematis. Mereka mempelajari perkembangan masyarakat, politik, ekonomi, dan budaya dari masa ke masa, melacak transformasi peradaban, serta memahami dampaknya pada dunia kontemporer. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai metodologi penelitian sejarah, sehingga mereka dapat menyusun narasi sejarah yang kritis dan objektif. Sebagai seorang calon pendidik, tentunya kamu juga dibekali dengan keterampilan komunikasi, baik secara tertulis maupun lisan, untuk menyampaikan cerita sejarah dengan gaya yang menarik dan relevan bagi berbagai kalangan. Salah satu aspek menarik dari jurusan ini adalah kemampuan mahasiswa untuk memahami perbedaan sudut pandang dalam sejarah, mempertimbangkan berbagai narasi, dan menggali aspek-aspek yang mungkin terabaikan. Dengan demikian, mahasiswa Pendidikan Sejarah tidak hanya menjadi penjaga warisan budaya, tetapi juga agen perubahan yang dapat membentuk cara pandang masyarakat terhadap masa lalu. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang interaktif dan mengasyikkan, jurusan Pendidikan Sejarah tidak hanya membentuk sejarawan masa depan, tetapi juga pendidik yang mampu menyampaikan sejarah dengan penuh semangat.

Yuk ikuti Tes Potensi di Maukuliah.id

Banyak tes yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui potensi dirimu. Yuk, ikuti tesnya!
Mulai Tes Sekarang
Menu
Profil
Riwayat